-->

08 Januari 2016

Memahami susunan nada chord pada gitar

08 Januari 2016, 1 komentar

Memahami susunan nada chord pada gitar
(Foto: guitarinspired.com)

Pada dasarnya susunan nada itu adalah Do Re Mi Fa So La Si Do terus berputar hingga bertambah oktafnya. Nah jika dikonversi ke kunci/chord yang dipakai dalam gitar dan sejenisnya akan menjadi: C D E F G A B C, ini juga sama jika diteruskan berputar akan menginjak oktaf berlipat lebih tinggi.

Namun di gitar mau pun instrumen sejenis lainnya terdapat chord C#, F# dll. Maksud dari tanda ‘#’ ini adalah setengah tangga nada/not yang dimaksud. Nah kali ini kita akan belajar memahami dan mencari tahu not mana yang punya ‘#’ serta mana yang tidak. Coba perhatikan contoh susunan not berikut:

C-C#-D-D#-E-F-F#-G-G#-A-A#-B-C-C#-D-D# ... dst

Penjelasan:

Semua not mempunyai nada setengah ‘#’ KECUALI kunci E dan B (harus dihapal). Jadi, jika not yang lainnya seperti F sebelum naik tangga ke not G, terdapat not F# terlebih dahulu. Namun tidak bagi not E dan B. Maka tentu saja kunci E# dan B# tidak pernah ada. Nah untuk cari tahu bagaimana penerapannya pada gitar, silahkan pelajari gambar berikut:
Memahami susunan nada chord pada gitar
(Gambar: guitarsecrets.com)
Sekian, tentang Memahami susunan nada chord pada gitar. Walau sedikit, mudah-mudahan bisa membantu dan bermanfaat. Mantap !

1 komentar: